Monday, February 27, 2012

salam pengusaha!

assalamualaikum semuanya :) :)

1. Sebuah organisasi yang menurut saya telah menerapkan strategi pemasaran yang unik dan baik adalah.....



a. Menurut saya usaha yang unik dan baik adalah PT Maicih Inti Sinergi. Usaha dari bisnis ini adalah berupa kuliner makanan ringan. Produknya adalah berupa kripik pedas yang memiliki berbagai macam level. MAICIH memiliki beberapa produk yang terkenal yaitu kripik singkong, gurilem, dan seblak.

b. Segmentasi dari MAICIH adalah gaya hidup dan targetnya adalah orang-orang yang menyukai cemilan pedas.

c. Yang menarik dari strategi pemasarannya adalah karena MAICIH tidak memiliki kios yang menetap jadi cara pemasarannya dengan cara berkeliling di jalanan dengan menggunakan mobil. Sehingga orang-orang penasaran dengan produk ini dan rela untuk mencari dimana pun MAICIH berada karena ingin mencoba produk tersebut. MAICIH pun sudah memasuki pasar go international. Beberapa produknya telah terjual di luar Indonesia seperti Singapore dan Malaysia.

d. Kekurangan pemasaran dari MAICIH adalah biasanya informasi yang di publish di twitter maicih kurang tepat dalam memberikan info tentang lokasi penjualannya. Sehingga pembeli cukup sulit untuk mencari keberadaan MAICIH.

2. Jika saya berkesempatan menjadi wirausaha.....

a. Saya akan membuka usaha dalam bidang fashion yaitu membuka boutique pakaian wanita dan saya ingin membuka usaha dalam bidang kuliner yang menspesialisasikan minuman kopi dan cake.

b. Produk yang akan saya hasilkan dalam usaha saya adalah pakaian-pakaian wanita dan aksesoris. Dan untuk coffee shop tentu saja saya akan memproduksi berbagai macam kopi yang dibuat secara homemade sehingga higienis dan sehat juga saya akan memproduksi jenis cake yang lezat dan harganya terjangkau.

c. Saya memilih usaha boutique karena usaha pakaian tidak akan terhapus oleh jaman dan pakaian sangat dibutuhkan oleh semua orang. Apalagi untuk wanita-wanita yang sangat mengikuti trend fashion. Untuk coffee shop, karena saya ingin membuat sebuah cafe yang nyaman dan harga terjangkau untuk kalangan pelajar agar mereka bisa mengerjakan tugas-tugas mereka dengan nyaman dan tidak perlu dikejar waktu. Saya juga ingin memanjakan orang-orang pengkonsumsi kopi sehingga mereka tidak perlu takut untuk kehabisan uang demi membeli secangkir kopi.

d. Segmentasi dari Boutique yang saya buat adalah jenis kelamin dan target pasarnya adalah wanita. Dan untuk coffee shop segmentasinya adalah Profesi dan target pasarnya adalah pelajar/mahasiswa.

e. Strategi pemasaran pada soal nomer 1 tidak semuanya dapat ditiru dalam usaha yang saya kerjakan. Pemasaran pada usaha saya mungkin saya akan mengikuti MAICIH dalam memasarkan produk melalui social network seperti twitter, facebook, atau yang lainnya.




No comments:

Post a Comment